Senin, 30 Agustus 2010

Mengamankan Data Atau Dokumen

Setelah langkah pencegahan virus menggunakan fungsi Autorun.inf dilaksanakan, selanjutnya anda perlu meletakkan data/dokumen di tempat yang aman.
Langkah ini mudah dilakukan dengan bantuan khusus program Antivirus Smadav. Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Download program antivirus gratis Smadav di http://www.smadav.net
2. Setelah proses download selesai, jalankan program Smadav. Bila muncul konfirmasi untuk mengaktifkan fitur proteksi SmaRTP klik yes.
3. Fitur proteksi SmaRTP akan aktif di sistem Windows dan akan melakukan pemeriksaan tiap kali ada file yang masuk ke komputer Anda.
4. Berikutnya pada menu Smadav pilih menu Tools.
5. Dalam menu Tools pilih Tab Smad-lock kemudian beri tanda centang pada drive flashdisk Anda , lalu klik Lock.
6. Untuk memastikannya, buka drive flashdisk Anda menggunakan Windows Explorer, maka akan tampak folder Smad-Lock (Brankas Smadav). Folder ini aman dari virus dan nantinya akan digunakan untuk menyimpan data/dokumen Anda.

Berikutnya keterangan/ cara menggunakan folder Smad-Lock (Brankas Smadav):
a. Folder ini adalah folder teraman dari infeksi virus. Karena virus hampir tidak mungkin bisa masuk ke dalam folder ini. Jadi, letakkan file-file penting Anda ke dalam folder ini.
b. Anda tidak boleh mengganti nama (rename) folder ini.
c. Folder ini dapat diisi dengan file office berjenis doc,xls,ppt, dan semua sejenisnya. file-file yang ada di dalam folder ini hanya dapat dibuka oleh semua program buatan microsoft dan beberapa program tertentu lainnya.
d. Untuk file yang bukan berjenis dokumen Office, Anda dapat juga meletakkannya di dalam folder ini, tetapi jika file tersebut gagal dibuka dari folder ini, maka Anda dapat memindahkannya file tersebut keluar folder ini sebelu membuka file tersebut.

Langkah-langkah di atas digunakan untuk mengamankan data/dokumen yang terletak di flashdisk dari serangan virus, serta mencegah penularan virus melalui fungsi Autorun.inf.

Note: Walaupun semua langkah di atas dilakukan, bukan tidak mungkin suatu saat flashdisk Anda akan terinfeksi virus, karena teknologi dan logika pemrograman virus yang terus berkembang. Anda sangat disarankan untuk selalu memperbarui (update) Tools yang digunakan serta informasi tentang pencegahan dan penanganan virus terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar