Kamis, 26 Agustus 2010

Membuat Flashdisk Kebal Virus

Virus Komputer adalah "Parasit" yang paling sering menginfeksi flashdisk. Belakangan ini para pembuat virus sengaja menjadikan flashdisk sebagai media utama penyebaran virus melalui internet.
Oleh karena itu Anda hrus berhati-hati dalam menggunakan flashdisk, terutama di tempat umum sepeti waret,game-net,sekolah,kampus, kantor, DLL.
langkah-langkah antisipasi serangan virus komputer, Anda dapat melakukan hal-hal sbb:
1. Mencegah File Autorun Dengan Cara Manual
Virus yang menginfeksi flashdisk akan berusaha menjadikan flashdisk sebagai media penyebaran. karena sebab itu virus sering kali membuat file Autorun.inf agar virus selalu aktif pada saat membuka flashdisk. Berikut langkah-langkah untuk mencegah file Autorun buatan si "Virus" :

a. Membuat folder autorun.inf dengan klik kanan pada root direktori flashdisk, pilih New lalu klik folder.
b. Beri nama folder tersebut Autorun.inf
c. Beberapa virus komputer akan berusaha menghapus folder autorun.inf. Untuk menyulitkan aksi virus tersebut, buatlah file teks menggunakan editor Notepad. Klik start, pilih All PROGRAMS, pilih ACCESORIES, lali klik Notepad.
d. selanjutnya buka CHARACTERS MAP yang terdapat di menu Accesories > System Tools > Character Map.
e. Pada Character Map, Pilih beberapa karakter dari huruf (font) unicode, seperti Arial Unicode. Anda dapat juga menggunakan jenis font Mandarin yang bersifat unicode. Pilih salah satu karakter, lalu klik copy. lanjutkan dengan beberapa karakter lainnya.
f. Kembali ke Notepad, klik menu File, lalu pilih Paste atau dengan tombol ctrl+V, sehingga terlihat deretan karakter unicode.
g. Simpan menggunakan Save As, lalu letakkan file pada folder Autorun.inf di flashdisk Anda. di File name gunakan karakter unicode yang anda tulis. pastikan pada kolom Encoding diisi dengan pilihan Unicode. Selanjutnya klik tombol Save.
h. Setelah selesai, dalam folder Autorun.inf pada flashdisk Anda akan terlihat file yang berupa karakter-karakter unicode.
i. Untuk mengamankan folder Autorun.inf ubahlah atributnya menjadi Read-only dan Hidden. Klik folder Autorun.inf, pilih menu File lalu klik Properties. Beri tanda centang pada pilihan Read-only dan Hidden lalu klik ok.
j. Apabila muncul konfirmasi, pilih Apply changes to this folder, subfolders and files, lalu klik ok.

Saat ini Anda telah mempunyai folder Autorun.inf di root flashdisk yang berfungsi untk mencegah aksi virus membuat file Autorun.inf.

Sumber : Buku "MASALAH FLASHDISK dan SOLUSI CEPATNYA" karya Hasnul Arifin
cetakan 1 Yogyakarta penerbit:MediaKom, 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar